Cara Pencegahan Virus Corona di Tempat Kerja

Dengan menyebarluasnya Novel Coronavirus atau COVID 19, seluruh dunia dilanda panik dan histeria, termasuk juga Indonesia. Maka dari itu, ada baiknya kita semua mengetahui cara-cara terbaik untuk memastikan tempat kerja kita semua aman dan sehat. Berikut adalah himbauan dari World Health Organization atau WHO untuk kita semua yang masih bekerja dan berjuang dikala pandemi ini.

1. Pastikan tempat kerja anda bersih

Barang-barang kita adalah salah satu sarana pertama virus ini dapat menyebar didalam situasi perkantoran, karena ketika rekan kita atau bahkan kita sendiri batuk atau bersin, virus-virus dan kuman akan dengan mudah menempel. Perhatikan meja, kursi, laptop atau komputer, dan telepon anda sebelum penggunaan.

2. Sering membersihkan tangan

Selain barang-barang bekerja, tangan kita juga rawan akan penyebaran virus. Pastikan anda sering mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, berjabat tangan, dan sebagainya. Setiap lokasi juga sekarang sudah dilengkapi dengan pembersih tangan alias hand-sanitizer, jangan lupa gunakan mereka dengan maksimal.

3. Praktekan kebersihan udara yang baik

Jika anda sedang tidak merasa sehat atau sedang mengunjungi tempat yang ramai, sebisa mungkin gunakanlah masker dan kertas tisu untuk mencegah masuknya kuman, bakteri, dan virus. Sudah diketahui sekarang bahwa awal mula dari penyakit yang disebabkan COVID 19 adalah gejala flu ringan, maka dari itu waspadalah kepada orang yang sedang mengalami gejala-gejala tersebut.

4. Lihat informasi keselamatan sebelum berpergian

Sebelum anda bepergian di dalam maupun luar negeri, pastikan bahwa anda sudah mendapatkan semua informasi mengenai penyebaran virus ini. Anda dapat menanyakan semua yang anda perlu tahu kepada agen atau buro perjalanan terpecaya anda. Pastikan juga negara atau tempat yang anda akan kunjungi aman dan bukan negara zona peringatan COVID 19.

5. Istirahat dirumah saat sakit

Saat anda mengalami gejala demam, flu ringan, atau batuk, cobalah untuk tidak bekerja dalam rangka mengurangi pencebaran penyakit. Hal ini lebih lagi di tekankan ketika anda membutuhkan paracetamol, acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin untuk merasa lebih baik. Ingat juga bahwa kebanyakan gedung melarang orang dengan suhu diatas 37.3oC, jadi lebih baik gunakan waktu yang anda punya untuk beristirahat.

6. Kurangi konsumsi air dingin

Telah diketahui pula bahwa suhu dingin dapat membuat penyebaran virus COVID 19 lebih ganas. Maka dari itu, kurangilah konsumsi air es dan hal-hal yang bersuhu dingin ke dalam tingkat minim. Jika mungkin, kurangi juga penggunaan pendingin ruangan untuk alasan yang sama

Jika anda mengikuti semua saran-saran berikut, tempat kerja anda akan lebih aman dan nyaman tidak hanya untuk anda, tetapi untuk semua orang.

Sumber : https://voffice.co.id/jakarta-virtual-office/pencegahan-corona-dikantor.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *